Top Ad unit 728 × 90

Sejarah Agama Hindu

Sejarah Agama Hindu - Agama Hindu dalam bahasa Sanskerta disebut Sanatana Dharma yang artinya “Kebenaran Abadi”  dan ada juga yang mengatakan Vaidika Dharma yang artinya “Pengetahuan Kebenaran”. Secara Etimologi dalam bahasa Persia, kata Hindu berakar dari kata Sindhu (Bahasa Sanskerta). Dalam Reg Weda, bangsa Arya (bangsa yang menganut Agama Hindu pertama kali) menyebut wilayah mereka sebagai Sapta Sindhu (wilayah dengan tujuh sungai di barat daya anak benua India, yang salah satu sungai tersebut bernama sungai Indus). Hal ini mendekati dengan kata Hapta-Hendu yang termuat dalam Zend Avesta (Vendidad: Fargard 1.18) — sastra suci dari kaum Zoroaster di Iran. Pada awalnya kata Hindu merujuk pada masyarakat yang hidup di wilayah sungai Sindhu.

Agama Hindu adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India yaitu tepatnya ditepi Sungai Shindu atau sering juga disebut sebagai sungai Indus. Hindu sendiri sebenarnya baru terbentuk setelah Masehi ketika beberapa kitab dari Weda digenapi oleh para brahmana. Pada zaman munculnya agama Buddha, agama Hindu sama sekali belum muncul semuanya masih mengenal sebagai ajaran Weda.

Agama Hindu merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama Hindu diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini. Agama Hindu merupakan agama ketiga terbesar di dunia setelah agama Kristen dan Islam dengan jumlah umat sebanyak hampir 1 miliar jiwa di seluruh dunia.

Penganut agama Hindu sebagian besar terdapat di anak benua India. Di daerah ini terdapat sekitar 90% penganut agama Hindu. Agama ini pernah tersebar di Asia Tenggara kira-kira sampai abad ke-15, lebih tepatnya pada masa keruntuhan kerajaan Majapahit. Mulai saat itu agama Hindu digantikan oleh agama Islam dan juga Kristen. Pada masa sekarang, mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia adalah mayoritas masyarakat Bali, selain itu penganut agama Hindu juga tersebar di pulau Jawa, Lombok, Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan), Sulawesi (Toraja dan Bugis - Sidrap).
Sejarah Agama Hindu Reviewed by Dwi Pratama on 19:28 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Belajar Agama Hindu © 2014 - 2015
Designed by JOJOThemes

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2013 - Belajar Agama Hindu. Powered by Blogger.