Top Ad unit 728 × 90

Dewa, Bhatara dan Awatara Dalam Hindu

Dewa, Bhatara dan Awatara Dalam Hindu - Di dalam agaka Hindu kita mengenal yang  namanya Dewa, Bhatara  dan Awatara. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Deva, Bhatara dan Awatara
Dewa
Deva adalah sinar suci Brahman atau Sang Hyang Widhi yang mempunyai tugas berbeda-beda. Kata Deva itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta divyang artinya sinar. Sesuai dengan artinya, fungsi Deva adalah untuk menyinari, menerangi alam semesta agar selalu terang dan terlindungi. Dalam Agama Hindu dikenal banyak Deva dengan berbagai fungsinya, antara lain:
  • Deva Indera adalah deva yang menguasai ilmu perang sehingga dikenal sebagai Deva perang;
  • Deva Brahma adalah deva pencipta alam semesta beserta isinya;
  • Deva Wisnu sebagai deva pemelihara dunia beserta isinya;
  • Deva Siwa sebagai deva pemeralina yang mengembalikan dunia kembali ke asalnya;
  • Deva Baruna sebagai deva penguasa laut;
  • Devi Saraswati sebagai deva penguasa ilmu pengetahuan;
  • Deva Ganeca sebagai deva kecerdasan dan penyelamat umat manusia;
  • Devi Sri sebagai deva kemakmuran; dan
  • Deva Sangkara sebagai deva penguasa tumbuh-tumbuhan.


Bhatara
Kata Bhatara berasal dari kata bhatryang berarti kekuatan Brahman, Sang Hyang Widhi yang juga mempunyai fungsi sebagai pelindung umat manusia dan dunia dengan segala isinya. Dalam Agama Hindu dikenal ada banyak Bhatara, antara lain:
  • Bhatara Bayu yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan udara atau angin.
  • Bhatara Indra yang mempunyai kekuatan untuk mengadakan hujan.
  • Bhatara Agni yang mempunyai kekuatan untuk menjadikan api yang panas.
  • Bhatara Basuki yang mempunyai kekuatan untuk menciptakan kesuburan.
  • Bhatara Anantaboga yang mempunyai kekuatan untuk menstabilkan bumi.


Awatara
Kata Avatara berarti kelahiran Brahman. Dalam hal ini, Brahman melahirkan diri-Nya sendiri dengan wujud yang sesuai dengan kehendak-Nya untuk menyelamatkan umat manusia dan dunia beserta isinya dari ancaman kejahatan yang sudah merajalela. 

Umat Hindu percaya bahwa kehidupan umat manusia dan bumi beserta isinya tidak kekal dan berada dalam siklus perubahan abadi yang bisa baik dan juga bisa buruk. Dalam perjalanan kehidupan umat manusia tidak dapat lepas dari siklus perubahan.Terkadang pengaruh buruk yang menguasai alam semesta dan di lain waktu pengaruh baik yang mempengaruhi.

Manakala dunia beserta isinya berada dalam ancaman pengaruh buruk sifat manusia, yang ditandai dengan kejahatan merajalela, wanita tidak lagi diberikan kemuliaan dan penghormatan, perang terjadi di mana-mana, maka Brahman atau Sang Hyang Widhi turun ke dunia dengan mengambil wujud sesuai dengan keadaan zaman. Tujuannya untuk menyelamatkan umat manusia, alam semesta beserta isinya dari kehancuran. 

Dengan demikian, Avatara merupakan penjelmaan Brahman dengan mengambil wujud tertentu dengan tujuan untuk menyelamatkan umat manusia dan dunia beserta isinya. Menurut Purana (bagian dari pada Veda), dikenal ada 10 Awatara Dalam Agama Hindu yang turun ke dunia untuk tujuan menyelamatkan umat manusia, alam semesta, dan segala isinya dari kehancuran.


Hubungan Deva, Bhatara, Avatara
Sebagai manifestasi, Deva Wisnu yang turun ke dunia antara Deva, Bhatara, dan Avatara mempunyai masing-masing hubungan, yaitu:
  1. Semuanya bersumber dari Brahman/Sang Hyang Widhi,
  2. Masing-masing mempunyai fungsi dan tugas menyelamatkan dunia dari adharma,
  3. Masing-masing mempunyai sifat yang sama dengan Brahman
  4. Deva, Bhatara, dan Avatara adalah maha pemurah terhadap makhluk hidup.



Perbedaan Deva, Bhatara, dan Avatara
  1. Deva berasal dari kata Div yang berarti sinar. Jadi, Dewa memiliki arti atau makna sinar yang menunjukkan sebagai sinar sucinya Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Bhatara berasal dari bahasa Sanskerta dari akar kata Bhatr, yang artinya Pelindung. Jadi Bhatara adalah manusia yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas kesucian dirinya sehingga mampu menjadi Manawa ke Madawa atau setingkat Bhatara yang dapat melindungi kesejahteraan umat manusia.
  3. Avatara adalah turunnya kekuatan Sang Hyang Widhi ke dunia sebagai Dewa Wisnu dengan mengambil suatu bentuk tertentu untuk menyelamatkan dunia beserta isinya dari kehancuran yang disebabkan oleh sifat-sifat Adharma.



Sloka yang Mendukung Keberadaan Deva, Bhatara dan Avatara
1.  Bhagavadgita IV. 5
Banyak kelahiran yang telah Aku jalani di masa lalu, demikian juga engkau wahai Arjuna, semuanya itu Aku mengetahuinya, tetapi engkau tidak wahai Parantapa (Arjuna)

2.  Bhagavadgita IV. 6
Walaupun Aku tak terlahirkan, abadi, dan menguasai segala makhluk, namun dengan menundukkan kekuatan Ku sendiri, Aku bisa mewujudkan diriku melalui kekuatan maya Ku

3.  Bhagavadgita IV. 8
Demi untuk melindungi orang-orang suci, serta untuk memusnahkan orang-orang jahat, dan demi untuk menegakkan dharma Aku m
Dewa, Bhatara dan Awatara Dalam Hindu Reviewed by Dwi Pratama on 15:22 Rating: 5

2 comments:

All Rights Reserved by Belajar Agama Hindu © 2014 - 2015
Designed by JOJOThemes

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2013 - Belajar Agama Hindu. Powered by Blogger.